Welcome to my blog

Sabtu, 02 Maret 2013

Belajar Corel Draw untuk Pemula

 Belajar Corel Draw untuk Pemula

Assalamualaikum wr. wb. 

kali ini , mari kita belajar tentang corel draw untuk para kamu yang baru belajar , ini tata cara nya :D

Corel Draw
Corel Draw
Belajar Corel Draw untuk Pemula - Tutorial Corel Draw merupakan kumpulan teknik-teknik membuat dan mengolah gambar atau objek dengan menggunakan software editor grafik vektor yang dikeluarkan oleh Corel. Corel Draw yang merupakan salah satu software desain grafis ini sering digunakan untuk membuat gambar seperti kartun, logo, illustrasi, mengatur aplikasi tata letak secara sederhana untuk membuat brosur, pamflet, undangan, cover majalah, dan tutorial Corel Draw yang lainnya.

Software Corel Draw sejak pertama kali dikeluarkan selalu mengalami perkembangan. Perkembangan ini dapat mendukung bertambahnya tutorial Corel Draw yang bisa diciptakan. Bagi Anda yang menyukai program desain grafis, sudah pasti mengikuti perkembangan fasilitas dasar dari Corel Draw. Bahkan mungkin sudah mahir membuat berbagai tutorial Corel Draw. Ada banyak bentuk desain grafis yang dapat Anda ciptakan dengan memanfaatkan tutorial Corel Draw.

Tutorial Corel Draw - Pengenalan Fasilitas Dasar dalam Corel Draw

Bagi yang sudah mengenal fasilitas dasar dalam Corel Draw, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai fasilitas dasar dalam Corel Draw. Nah, bagaimana bagi yang belum mengenal apa saja fasilitas dasar yang berfungsi untuk membuat berbagai desain grafis dalam tutorial Corel Draw? Berarti Anda harus tahu terlebih dahulu fasilitas apa saja yang dibutuhkan sehingga mengerti dan dapat menerapkannya ke dalam berbagai tutorial Corel Draw yang menarik.

Sebelum membuat berbagai tutorial Corel Draw, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja fasilitas yang ada dalam Corel Draw. Dengan mengetahui fasilitas dasar, Anda bisa membuat berbagai tutorial Corel Draw yang menarik dan berbeda. Apa saja fasilitas dasar yang perlu diketahui sebelum mengerjakan tutorial Corel Draw? Berikut fasilitas dasar yang tersedia dalam Corel Draw.
  • Quick Start. Quick Start terdapat dalam kotak dialog Welcome Corel Draw. Dalam kotak dialog ini, ada beberapa lembar proses yang dapat diaktifkan, yaitu quick start, what’s new, learning tools, galeri, updates.
  • Hint atau Tools. Hint berada pada sisi kanan kotak dialog utama sistem. Sistem menu Corel Draw menggunakan standar sistem operasi Windows yang sangat memudahkan pemakaian.
  • Standard Toolbar. Lembar proses standard toolbar ini terletak di bawah menu bar. Pada standard toolbar, sistem meletakkan simbol proses cepat. Misalnya terdapat simbol seperti folder untuk membuka suatu data grafis Corel Draw.
  • Property Bar. Fasilitas tambahan yang muncul setelah memilih salah satu alat dalam fasilitas toolbox. Property bar dalam tutorial Corel Draw bertujuan memudahkan pemakaian alat fasilitas toolbox terpilih. Property bar biasanya berada di bawah standard toolbar.
  • Toolbox. Toolbox ini terletak di bagian paling kiri. Sistem Corel Draw meletakkan sebagian tanda lipatan pada sisi kanan bawah alat fasilitas toolbox yang memiliki subalat. Nah, untuk menampilkan daftar subalat tersebut dapat dilakukan dengan mengklik dan menahan simbol alat yang bersangkutan.
  • Status Bar. Sistem meletakkan berbagai informasi pada baris status yang terdapat pada sisi bawah kotak dialog utama. Informasi tersebut berkenaan dengan objek gambar atau teks, atau alat proses yang terpilih.
  • Color Palette. Color Palette yang sering disebut juga dengan kotak warna, terletak di bagian paling kanan kotak dialog utama. Untuk memberi warna ketika menjalankan tutorial Corel Draw, cukup melakukan klik mouse seperti biasa. Sementara itu, untuk memberi warna garis dalam tutorial Corel Draw, klik kanan pada warna yang dipilih dalam kotak warna.
  • Dialog Box. Sistem Corel Draw akan meletakkan sejumlah pilihan proses dari fasilitas yang komplek pada suatu kotak dialog. Fasilitas yang bersangkutan dapat diatur melalui kotak dialog tersebut. Misalnya, ada perintah dalam tutorial Corel Draw untuk merubah format objek gambar dari vektor ke bitmap melalui menu bitmaps Submenu Convert to Bitmap.
  • Docker.Corel Draw meletakkan sejumlah kotak dialog fasilitas yang sering digunakan dalam bentuk tetap pada sisi kanan kotak dialog. Format tersebut disebut dengan docker. Fasilitas ini dapat ditampilkan melalui Window Submenu Docker.
  • Fixed atau Floating Toolbar. Salah satu keistimewaan dari tutorial Corel Draw X4, yaitu fasilitas toolbox kotak warna, menu bar, standard toolbar, dan property bar yang dapat digeser dan dutempatkan di sembarang lokasi sehingga akan memudahkan Anda menyelesaikan tutorial Corel Draw.
Itulah beberapa fasilitas dasar yang ada dalam Corel Draw yang dapat digunakan ketika membuat berbagai tutorial Corel Draw. Dengan membiasakan menggunakan fasilitas dasar tersebut, Anda juga akan mudah membuat berbagai toturial Corel Draw.

Tutorial Corel Draw - Teknik Tutorial Dasar Corel Draw

Bagi para pemula, untuk menguasai tutorial Corel Draw perlu latihan yang banyak supaya bisa mahir. Anda dapat menguasai dan menjalankan program desain grafis Corel Draw dengan berlatih membuat berbagai objek dengan bantuan tutorial Corel Draw. Tutorial Corel Draw bisa Anda dapatkan dalam buku panduan Corel Draw. Namun, tidak hanya terbatas dalam buku panduan yang memuat tutorial Corel Draw ini, Anda pun juga dapat mencarinya di berbagai situs tutorial Corel Draw.
Untuk pemula, berikut ini ada beberapa tutorial Corel Draw yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan Anda mengolah gambar atau objek menggunakan Corel Draw:

Tutorial Corel Draw Cara Mengcopy Objek dengan Cepat

Tutorial ini adalah tutorial Corel Draw yang paling dasar. Namun jika Anda sampai lupa, akan berdampak buruk untuk hasil kerja. Berikut tutorial Corel Draw mengcopy objek dengan cepat.
  • Buatlah objek sesuka Anda, misalnya objeknya bintang. Setelah itu, arahkan pointer pada objek tersebut.
  • Klik kiri sambil ditahan jangan dilepas, lalu pindahkan pointer ke arah yang diinginkan.
  • Lalu klik kanan, selanjutnya lepas klik kiri yang ditahan tadi. Anda akan melihat objek bintang sudah tercopy. Bandingkan jika Anda menekan CTRL+C dan CTRL+V, yang lebih lama untuk mengcopy objek.
Tutorial Corel Draw Export File Corel

Tutorial Corel Draw ini merupakan teknik mengeluarkan file Corel dengan cara sebagai berikut.
  • Seleksi objek yang ingin diexport.
  • Klik file pada menu dan pilih Export atau langsung saja menggunakan Shortcut Key Export ( CTRL+E).
  • Setelah klik Export, maka akan muncul jendela windows. Pilih tempat untuk menyimpan hasil Export. Anda juga bisa melakukan pemilihan file Export yang diinginkan, bisa berupa JPEG, TIFF, PSD, dan sebagainya, lalu tekan Export.
  • Setelah menekan Export pada langkah nomor 3, akan muncul jendela Convert to Bitmap. Sesuaikan size gambar sesuai kehendak dengan mengubah persenannya saja, untuk resolusi juga tergantung dengan kehendak Anda. Jika ingin hasil yang bagus maka Resolution bisa diperbesar tapi biasanya size akan menjadi lebih besar. Mengenai bagan Color, Anda bisa menggunakan RGB ataupun CMYK, setelah selesai dengan semua urusan di atas lalu klik tombol OK.
  • Lalu akan keluar jendela JPEG Export. Anda dapat mengkompres ukuran gambar dengan Compression sesuai keinginan, lalu tekan Preview untuk mengetahui size dari hasil Export file. Setelah itu, klik lagi tombol OK dan cek hasil di dalam folder tempat Anda menyimpan hasil Export Anda tadi.
Tutorial Corel Draw Membuat Layout Halaman Majalah Efek Envelope

Anda dapat menjalankan tutorial Corel Draw yang satu ini dengan cukup mudah, yaitu dengan cara berikut.
  • Kumpulkan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan untuk menjalankan tutorial, yaitu gambar dengan Background putih yang akan Anda buat sebagai tampilan pada majalah, teks atau tulisan yang akan dibuat sebagai isi dari halaman.
  • Jika sudah siap, buka aplikasi Corel Draw dan pilih New.
  • Copy teks ke lembar kerja Corel Draw lalu tekan F8 untuk mengaktifkan Pen Tool. Kemudian buat ruangan dulu untuk teks yang akan dipindahkan dengan cara menahan klik kiri dan mendragnya dari ujung kiri atas ke kanan bawah agar teks bisa sesuai dengan yang diharapkan. Lalu paste > CTRL+V teks ke dalam ruang teks yang telah dibuat dalam lembar kerja Corel Draw.
  • Sekarang Anda masukkan gambarnya dengan pilih File > Import > pilih gambar > OK. Lalu saat di lembar kerja, “tahan klik kiri” dan drag untuk memberikan ruang pada gambar. Jika teksnya tertutup gambar, Anda klik kanan gambar tersebut dan pilih Order > To Back Of Layer.
  • Klik teks pada lembar kerja Anda dan waktunya untuk memberikan efek Envelope dengan pilih Add New > Apply. Lalu Anda utak atik bagian samping kiri atas dengan klik kiri dan tahan lalu drag atau geser sehingga teksnya sudah bersifat dinamis.
  • Lalu utak atik tanda panahnya dan sesuaikan dengan gambar sehingga gambar akan menyatu dengan teks. Langkah akhir tinggal Anda memberi hiasan pada tampilan tek dan gambar sesuai keinginan Anda.


    Semoga bermanfaat ya ,,, selamat mencoba :D

Reaksi:

1 komentar:

  1. teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, design grafis, master bisnis online

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.